Digital Magz

DARI REDAKSI

Sudah ketiga kalinya Komite.id merayakan Dirgahayu HUT RI ke 73 dan tetap konsisten mengusung tema kedaulatan NKRI karena dalam banyak hal kedaulatan masih terasa lemah dan perjuangan masih panjang. Kurs Rupiah belum menguat karena devisa dari Nilai tambah ekspor berbasis industri masih rendah menyebabkan transaksi berjalan dan neraca perdagangan masih defisit. Artikel Industri 4.0 dan Solusi Bumi 4.0 oleh Dr. Ir. Hammam Riza, Deputi Kepala Bidang Teknologi, BPPTechnology dan Artikel ajang apresiasi inovasi dukung industri 4.0 oleh Dr. Ir. Jumain Appe, Dirjen Penguatan Inovasi KemenristekDikti menggugah semangat para pelaku industri RI untuk mengurangi defisit dan meningkatkan value added industri.

Dalam edisi HUT RI Agustus-September 2018, BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) memperkenalkan jajaran pimpinan tinggi Madya Kepala BSSN, Sestama dan empat Deputi BSSN. Kedaulatan Ruang Angkasa, slot orbital satelit RI diangkat oleh Marsma TNI Dr. Sigit Priyono, Asdep VII Kemenko Polhukam bersama PT Telkom. Semangat Joang 45 di dunia Siber untuk Clouds dan Data Center oleh Ir. Achmad Sugiarto, Direktur Solusi Ritel Bisnis Telkomsigma dan penulis buku Synergy Way of Disruption, sedangkan Kedaulatan Siber untuk daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal) dengan meningkatkan demand dan pemberdayaan masyarakat dan ekosistem menjadi sangat strategis untuk ditegakkan oleh Danny Januar Ismawan, Direktur Penyedia Ekosistem BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).

Aplikasi AI berupa Chatbot dan Call Centre untuk melayani masyarakat dan peluncuran buku Journey to find Happiness in HaloBCA oleh Wani Sabu, EVP PT BCA Tbk dan Armand Hartono, Deputy PresDir PT BCA Tbk. Dari Batam, Ir. Benny Andrianto, MM, Presiden Direktur PT Adhya Tirta Batam (ATB) Perusahaan Air Minum BUMD terbaik di Indonesia dalam melayani pelayanan prima kepada pelanggan di daerah Terdepan dan Terluar berbatasan langsung dengan Singapura.

Komite.id Edisi Agustus 2018 ikut merayakan dan mendukung pesta akbar olahraga Asian Games ke 18 yang juga menjadi edisi khusus 2018. AP (Angkasa Pura) 2 pendukung utama Asian Games karena dua airport internasional AP2, Palembang dan Soeta (Soekarno Hatta) menjadi pintu gerbang dari penerbangan internasional peserta Asian Games dari wawancara dengan Ir. Muhammad Awaluddin, Dirut AP2. BliBli.com juga pendukung setia dan konsisten dunia olahraga dan bulutangkis di Indonesia turut menyemarakkan edisi HUT RI dan baru saja merayakan HUT BliBli.com yang ke 7 diisi oleh I Gusti Ayu, SVP Marketing Blibli.com.

Industri Kuliner, diisi produk Kopi Nusantara RI, Kopi Kidota yang beranekaragam Flora dan Faunanya oleh Direktur Kopi Kidota Hengky Jita dan industri karoseri oleh New Armada yang segera akan menerapkan industri automations memasuki era Industri 4.0.

Artikel menarik dari manca negara Computex Taipei, 5-9 Juni 2018, CommunicAsia/ConnecTech 2018, 26-28 Juni dan RSA Conference Asia Pacific, 25-27 Juli 2018 memberikan banyak insight mengenai perkembangan AI, Data Analytics, Cyber Security, BlockChain dan Emerging Technology yang lain. Dirgahayu HUT RI ke 73 dan Energize Asia dengan Asian Games 2018. Semangat Membaca!

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor