Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi Awal Tahun 2017 dimulai dengan berbagai indikator industriTelematika Indonesia oleh APJII, Mastel, ABDI dan GfK untuk Pembaca melakukan introspeksi dan sekaligus perencanaan kegiatan 2017. Banyak optimisme di tengah ketidakpastian membangun New Norm (Kebenaran Baru) ujar Sri Mulyani Menteri Keuangan RI pada HUT Mastel di tengah masifnya disrupsi digital.

Pilar keempat demokrasi, yaitu dunia pers dan berita mainstream terdisrupsi oleh fenomena Hoax (Berita Bohong) yang sudah ada sejak manusia berkomunikasi, dan ber-evolusi dengan perubahan zaman dan teknologi membuat media mainstream menjadi lamban dan tertinggal, dengan upaya verifikasi perusahaan Pers oleh Dewan Pers. Anti Hoax menjadi salah satu tema edisi Feb-Mar 2017, silahkan dibaca dan ditanggapi. Disrupsi ada dimana mana menabrak semua lini kehidupan dan industri, menyebabkan banyak reaksi dan menetapkan the new norm serta banyak institusi harus melakukan transformasi yang juga menjadi tema utama edisi Feb-Mar 2017 ini.

Sarinah, visi Founding Father Presiden Soekarno membangun Ritel Modern Indonesia dan icon produk Indonesia 5 dekade yang lalu, sudah lama statis meski masih sangat relevan. Artikel rencana Transformasi dan Branding Sarinah oleh Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, Dirut Sarinah sangat inspiratif bagi dunia Retail dan Ecommerce.

Kedaulatan menguasai pasar Telematika di Indonesia mendorong APJII dan Mastel untuk merubah konsep belanja smartphone menjadi konsep kepemilikan industri handphone. Lagi lagi suatu transformasi yang semestinya mendisrupsi pasar smartphone dan Koperasi di Indonesia jika terus berlanjut. Silahkan baca artikel Koperasi KDIM dan Smartphone Digicoop. Kedaulatan industri nasional dipertanyakan oleh Sam Ali pendiri design house di Tiongkok yang mempunyai semangat Merah Putih untuk membantu pemerintah mendisrupsi dan mentransformasi konsep industri perakitan EMS menjadi konsep membangun Value dan Supply Chain Industri elektronik di Indonesia. Silahkan baca wawancara dengan Chairman PT TSM.

Kelompok dunia hitam, Darkweb dan Deepweb ikut melakukan transformasi dari sekedar virus, menjadi malware bahkan ransomware dan varian hibrid dengan DDOS Attack serta fenomena IOT dan CCTV, ujar Rudi Lumanto, Ketua IDSIRTII 2012-2016. Trend Cyber Security 2017 yang perlu diperhatikan, di tengah isu membangun Basinas juga terkait gencarnya hoax pada kegiatan Pilkada serentak 15 February 2017 ini.

Edisi ini penuh dengan semangat Merah Putih, semoga berkenan dihati pembaca dan para pemimpin serta pengambil keputusan di Republik Indonesia. Selamat membaca dan terdisrupsi pikiran anda untuk bertransformasi. Now or Never!

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor