Digital Magz

DARI REDAKSI

Komite.id Edisi Juni-July 2017 ini fokus meliput ramalan tataran Global dari para futurist, visionary dan pakar dunia di bidang Cyber security, IOT, Clouds Computing, Analytics dan Artificial Intelligen (AI), yang dikumpulkan redaksi Komite.id dari berbagai Pameran kelas dunia, seperti HK Electronics 2017, CommunicAsia 2017, Computex 2017 dan IOT Asia 2017. Cyber attack menjadi relevan dan vulnerability dengan merambahnya Wannacrypt bulan lalu menggegerkan pakar cyber security di dunia dan  CommunicAsia, sehingga menjadi pusat perhatian Cyber Security Agency dari Singapura yang agresif untuk menjadikan Singapura Hub atau Pusat kawasan Asean untuk Ecommerce, Logistics, Financial dan Internet. IOT dilihat dari sisi security dan aplikasinya di CommunicAsia dan protocol komunikasi nya di IOT Asia. Futurist Rohit Talwar dari London di CommunicAsia lebih tertarik dampak sosial dan ekonomi dari AI, serta bagaimana manusia mempersiapkan diri. Sedangkan IOT dari sisi manufaktur dan distribusi menjadi concerned para pakar baik di Computex 2017 dan HK Electronics, termasuk AI dan Data Analytics. Pemerintah RI harus melakukan benchmarking dan bisnis intelijen serta  apa yang akan dilakukan Pemerintah RI menghadapi Cyber attack dengan terbentuknya BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) Perspres 53/2017 serta RoadMap adopsi teknologi 5G, IOT, AI, Big Data dll.

Pameran IESE (Indonesian Ecommerce Summit & Expo) juga banyak mengundang pemain ecommerce global dari Alibaba, Zalora, Akamai ke Jakarta dan mengamati disrupsi dan hype yang terjadi di landscape ecommerce RI, selain pemain dalam negeri seperti Blibli.com, Gojek, Ticket.com, Blanja.com, OLX dll. Venture Capital juga ikut meramalkan prospek bisnis 2017 dan ke depan?

Apakah ada scenario boom (berkembang) dan bust (jatuh atau bankrupt) seperti yang pernah diramalkan oleh Komite.id pada edisi March-April 2016 tahun lalu terkait Ecommerce 1.0 pada pergantian millennium? Juga persaingan antara Brick & Mortal Ritel tradisional vs Ritel modern O2O (Online to Offline) and Multi Channel.

Bagaimana perkembangan Consumer Electronics, IOT pada Smarthome+City/Solar Tech & Forum 2017 yang diselenggarakan oleh GEM Indonesia di JIExpo Kemayoran dan juga HK Electronics Spring 2017 oleh HKTDC.

Peranan Asosiasi seperti Mastel (Masyarakat Telematika); ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia); APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia) menjadi strategis membangun industry di tanah air mempersiapkan beberapa pameran akbar akhir tahun seperti CommunicIndonesia 2017 bulan Oktober 2017, IIXS (Indonesian Internet Expo & Summit) dan Cyber Security – Expocomm Indonesia 2017.

Komite.id pada edisi ini mencoba menerawang dan melihat dari perspektif para pakar global dan regional, semoga bermanfaat bagi pembuat kebijakan RI dan pengambil keputusan membangun industri, pasar dari Information Technology dan Data Technology Indonesia ke depan.

Semangat membaca!

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor