Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi ke 12/2017 bulan Oktober-November 2017 mengangkat dua laporan utama. Pertama, Quo Vadis & Road Map Ecommerce 2017-2019 dengan PerPres RI No 74 Tahun 2017. Hadir Fintech/Ecommerce PT Sprint Asia dan startup Kitty Life & Mico. Suplemen kegiatan idEA, LKPP terkait eCatalog untuk startup Ecommerce menggandeng Menko Bidang Perekonomian di edisi online www.komite.id.

Laporan utama kedua, juga tema liputan khusus Edisi ke 12/2017 adalah HUT ke 72 TNI yang diperingati di Dermaga Indah Kiat, Cilegon Banten tanggal 5 Oktober 2017 untuk kedua kalinya dengan Inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Komandan Upacara Pangkostrad Jenderal TNI Edy Rachmayadi. Diselingi defile pasukan lengkap Trimatra & simulasi Perang modern Darat, Laut dan Udara memberi efek deterrent bagi upaya rongrongan dalam & luar negeri setelah Pidato Amanat Presiden RI sebagai Panglima Tertinggi TNI. Reformasi TNI sukses menempatkan TNI dari Dwifungsi ABRI era Orde Baru 1998 menuju TNI yang Profesional sebagai alat pertahanan negara yang netral, taat pada Presiden RI, independen menjalankan Politik Negara sesuai Sapta Marga & Sumpah Prajurit mengamalkan dan mempertahankan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Selamat kepada TNI, 70.3% responden Kompas menyatakan TNI semakin profesional dan 90.6 responden menyatakan rakyat puas dengan kinerja TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI (Kompas 2/10). Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah juga rangking tertinggi didunia.

Namun sebagai alat negara dibidang Pertahanan, TNI harus terus waspada dan siap menghadapi tantangan dan disrupsi teknologi yang semakin kompleks dan dinamis. Munculnya perang modern, war by proxy dan asimetris melawan teroris & narkoba, perang siber, perang multimedia & sosial media, dan perang mengandalkan robotik, A (Artificial & Augmented) Intelijen, yang harus dapat diantisipasi secara terintegrasi oleh TNI, Polri dan aparat intelijen dan militer lainnya. Semoga anggaran TNI dalam RAPBN dapat dipertahankan minimal 2.5% memenuhi minimum essential forces (MEF), meski sekarang baru 1% agar TNI bisa tetap Profesional dan akuntabel menjalankan amanahnya.

Plus beberapa artikel menarik lainnya seperti 50 tahun Asean & Asean Marketing Summit bersamaMarkPlus, idByte bersama Indosat dan Bubu Awards, Sosial Media Week (SMW) 2017.

“Bersama Rakyat TNI Kuat”. Dirgahayu TNI. Selamat Membaca.

 

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor