Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi ke 11/2017 bulan Agustus-September 2017 merupakan edisi spesial Komite.id yang paling akbar sepanjang 2017, ikut merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 72.  Artinya, kita sudah Medeka 72 tahun, Bekerja dan Membangun, sekaligus memasuki tahun kedua pemerintahan Kabinet Presiden Joko Widodo dengan tagline “HUT 72 Tahun Indonesia Kerja Bersama”.

Pertanyaannya kemudian, apa yang sudah dihasilkan setelah 72 tahun merdeka? Apakah kita sudah merasa berdaulat di negara kita sendiri?

Edisi ini dipenuhi artikel yang ingin menjawab pertanyaan Kedaulatan & Ketahanan Bangsa RI, dalam 3 Series Laporan Utama: 1. Kedaulatan Ekonomi & Darurat Hutang; 2. Kedaulatan Data Center; 3. Kedaulatan Konsumen SosMed RI. Berbagai kedaulatan Finansial, Cyber, Ekonomi, Pasar, Teritory terutama Perbatasan hingga kedaulatan kearifan local seperti Kulinier dan Produk Dalam Negeri dengan beragam nara sumber: Dari Mantan Panglima TNI, Jendral TNI (pur) Dr Moeldoko yang concern dengan Sosial Media senjata baru ProxyWar, Menkominfo Rudiantara mengulas berbagai macam tantangan  dengan kedaulatan di sektor Telekomunikasi, pakar Satelit Unisat mengulas kedaulatan ruang angkasa, PT Teknotama mengulas pentingnya menjaga Sustainability dan Environment bagi generasi akan datang, New Armada pun tidak ketinggalan bahas kedaulatan di industri transportasi dan karoseri lengkap dengan tip bagi startup generasi X. BRI dan BCA berbicara mengenai Digital dan Financial Inclusion, terkait dengan Kedaulatan Finansial dan Uang di daerah Perbatasan. Yang klasik komentar APJII, Mastel, ATSI, ABDI, Telkom, Indosat, Telkomsel, Lintasarta mengulas mengenai kedaulatan di sektornya masing masing.

Beberapa summit & expo besar di depan mata, seperti CommunicIndonesia 2017, Indonesian Digital Summit, Seamless Ecommerce, E2Ecommerce dan I2XS serta rencana ABDI Big Data Awards di penghujung Tahun.

Selamat membaca, Berkarya dan Merdeka!!

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor