Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi ke 14/2018 adalah edisi pertama awal tahun 2018 dan merupakan edisi yang banjir pertanyaan mengenai trend teknologi dan apa yang akan terjadi 2018? Pada era Digital ekonomi, penting untuk mengetahui trend teknologi 2018 agar pembaca dapat terhindar dari disrupsi yang semakin cepat dan dasyat. Teori Malthus, Zero sums game berlaku dalam industri yang terdisrupsi & kondisi scarce resources, karena akan ada aktor disruptor yang meraup sukses dan menguasai perubahan serta menjadi captain industrinya seperti Go-Jek, Airbnb, Traveloka, Tokopedia. Namun ada pula para pihak yang terdisrupsi seperti perusahaan Taxi Meter, Agen Travel, Hotel Chain & Media Tradisional, yang terkadang harus tersingkir dan exit dari ekosistem pasar. Bahkan tenaga kerja yang tidak dapat mengantisipasi perubahan teknologi dan prospek profesi baru dari sektor yang terdisrupsi akan terlibas. Oleh karena itu penting untuk mengetahui trend dan arah perubahan, agar dapat menentukan rencana dan strategi ke depan.

Edisi ini mengamati 4 Trend utama ABCD, yaitu AI dari chatbot hingga humanoid robot, Block Chain yang dipopulerkan oleh Bit Coin dan Crypto Currency, Cyber (Security) dapat pula berarti Clouds, big Data. Plus 2 trend yang tidak kalah penting E untuk pEer to peer (P2P) dan F diwakili oleh Fin Tech, lengkapnya menjadi Trend ABCDEF 2018.

Block Chain dan Crypto Currency dikupas dari berbagai sisi, mulai dari teori blockchain, statistik crypto currency, perkembangannya hingga Tips untuk menjadi Miner (Penambang) Etherium serta apakah Mining bukan kegiatan spekulasi. Pada 15-16 Maret akan ada Workshop mengenai Block Chain di Jakarta oleh pakar block chain global dari Rosebay Consultant. Jangan terlewatkan! ICION 2018 akan berlangsung 5-7 Maret 2018, sebuah kegiatan networking penting bagi para CIO Indonesia dan regional di Yogyakarta. Sylvia Sumarlin, Chairlady FTII sekaligus CEO Xirca menceritakan pengalamannya bersama DelRI mengikuti kegiatan Asean CIO Forum Januari awal 2018 di Laos.

Sekjen ITU Houlin Zhao bertemu Chief Rudiantara di Kementrian Kominfo pada akhir Januari 2018. Kilas balik, Zhao pernah mengunjungi stand APWKomitel bersama DELRI di Paviliun ITU Connect The World pada WSIS (World Summit on Information Systems) 2005 di Tunisia dan 2003 di Geneva sebagai Kepala Biro mewakili Sekjen ITU. Saat itu Sofyan Djalil sebagai Menkominfo dan sekjen ITU nya Yoshio Utsumi dan sekjen PBB yang hadir Kofi Annan.

Solusi yang strategis dan last resort bagi enterprise di Indonesia terkait Cyber security adalah dengan memanfaatkan Asuransi Cyber Security dari PT Marsh Indonesia sebagai pioner. Juga Extended Garansi Multi vendor untuk produk IT Data Center oleh PT TELEA Systems, agar dapat meningkatkan aspek availability dari 3 Prinsip CIA dari Cyber security Framework.

Semoga edisi awal Februari 2018 ini menjadi awal yang baik sepanjang tahun 2018. Sekaligus mengucapkan Qong Xi Fat Chai, selamat Tahun baru Imlek bagi yang merayakan.

 

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor