Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi ke13/2017 bulan Desember 2017-Januari 2018 merupakan edisi khusus sekaligus menutup tahun 2017 yang penuh dinamika perubahan teknologi dan membuka tahun baru 2018 yang penuh harapan terus berkarya bagi Kabinet Kerja Jokowi sebelum Pemilu 2019.

Pidato Presiden RI Joko Widodo menggugah kita semua agar eling & sadar bahwa kita sudah jauh tertinggal. Pembangunan selama ini tidak membuahkan output dan outcome seperti Tiongkok, Korea bahkan tetangga kita Singapura dan Malaysia.

Simak Pidato Jokowi “Perubahan dunia sangat cepat sekali, tiap detik… tiap menit… jam bahkan hari terus berubah dan semakin cepat. Kalu kita hanya bekerja rutinitas, monoton, menghujat, demo yang menghabiskan enerji, mengembangkan negatif thinking, fitnah dan hoax, maka kita akan semakin tertinggal.”

Laporan utama edisi ini meliput pameran SFF (Singapore Fintech Festival) di Singapure Expo yang mengejutkan karena ternyata slogan pameran Fintech terbesar di dunia bukan sekedar jargon tapi kenyataan dihadiri oleh Managing Director IMF; Beberapa Menteri seperti India, Belanda dan banyak regulator dan ribuan profesional dan pakar Fintech semua datang untuk saling belajar mengenai teknologi yang sedang mendisrupsi dunia Finansial. Singapura jeli memanfaatkan momentum ini untuk meyakinkan dunia bahwa Singapura sebuah titik di peta dunia siap menjadi Financial Hub Asia Tenggara bahkan dunia.

Summit SFF dibagi ke dalam 3 track strategis yaitu: (1) Track Cyber Security; (2) Track Big Data Analytics & AI; (3) Track Teknologi (Financial). Dari ulasan SFF, pembaca dapat melihat bagaimana cepatnya perubahan seperti yang digambarkan oleh Jokowi dan bagaimana kita akan semakin tertinggal jika hanya berpikir negatif, hoax, saling menghujat tanpa memiliki Nasional Interest untuk melakukan perubahan atau transformasi berbasis outcome dan output.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo pun sering wanti wanti bahwa serangan kedepan adalah War by Proxy dan Asymetris, kadang dengan Lone Wolf hingga State Sponsor Actors, juga dibahas oleh artikel AsDep VII, Kementrian Polhukam yang sedang menyusun draft Strategi Keamanan Siber Nasional. Ecommerce juga mendisrupsi bisnis ritel tradisional dan Alibaba menggunakan semua teknologi disrupsi dari AI, Big Data, Fintech, Cyber Security untuk menjadi pemain top Global.

Tema majalah adalah mimpi Negara yang Smart dan Safe, dengan liputan utama sekitar pilar teknologi disrupsi yaitu Fintech, Cyber Security, AI & Data Analytics.

Selamat membaca dan bagi para stakholder Komite.id edisi 13/2017. Selamat merayakan HUT PT INTI ke 43, HUT Mastel ke 24 & HUT New Armada ke 43.

Selamat Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018… sampai jumpa 2018.

 

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor