Digital Magz

DARI REDAKSI

Edisi Komite.id dwi-bulanan Juni-Juli 2018 fokus pada isu INDUSTRIAL REVOLUSI (IR) 4.0 yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Kementrian Perindustrian, dimana peranan Big Data, AI, Robotics, Block Chain, menjadi strategis untuk meningkatkan kedaulatan dan daya saing sektor Industri RI ke depan. Diharapkan sektor Industri RI dapat meningkatkan ekspor dan value added industri dengan komponen TKDN yang tinggi, sehingga mengurangi impor dan meningkatkan devisa dari ekspor, serta mengembalikan neraca perdagangan RI ke kuadran surplus dan tidak lagi di kuadran defisit sejak 2012. Jika berhasil akan meningkatkan indikator ekonomi RI dan confident investor baik asing dan dalam negeri, akhirnya memperkuat mata uang rupiah yang akhir akhir ini terdisrupsi oleh manuver peningkatan suku bunga AS dan faktor eksternal lainnya. Senjata pamungkas Jokowi untuk menangkal melemahnya Rupiah dengan meningkatkan value added Industri dalam negeri, tanpa ketergantungan pada faktor eksternal dan cadangan devisa dapat terus meningkat, sayang dampaknya bukan short term semata.

Beberapa artikel edisi Quo vadis IR 4.0 menanyakan apakah langkah dan strategi dari IR 4.0 sudah tepat sasaran, sebagai Demand Pull? Tidak menjadi Technology Push/Drive dari negara industri maju di dunia menurut teori ekonomi global core/periphery dan hegemony stability. Wawancara dengan Dr. Ir. Jumain Appe, Dirjen Penguatan Inovasi, Kemen Ristek dan Dikti RI menambah wawasan inovasi, riset dan faktor SDM pada isu utama IR 4.0. Block Chain menjadi populer sekali di dunia dengan banyaknya workshop seminar di Jakarta, Komite.id sebagai media partner dan asosiasi pendukung ABDI. Kriptografi pendukung Block chain juga penting mengingat masalah ke depan adalah bagaimana menjadikan Internet of Everything Share menjadi Internet of Trust, dari Smart City menjadi Safe Nation. Dr. Munawar anggota UN GGE (Group of Govermental Expert) berkedudukan di PBB, New York memberikan perspektif gerakan kolaborasi Global dari UN dibidang Cyber Security dan perkembangan IT hingga DT dan AI dari sisi serangan siber dan malware.

FiberStar dengan tema “Connecting Indonesia” memberikan perspektif infrastruktur pendukung backbone infrastruktur regional hingga nasioanal konektivitas fiber bagi suksesnya IR 4.0, Ecommerce dan hampir semua kehidupan manusia. Mastel menampilkan jajaran pengurus DPH dan DPH masa bakti 2018-2021 yang dilantik dan dikukuhkan oleh Chief RA.

EU GDPR dibahas detil dan fokus pada hal yang positif terkait Data Controller/Custodian dalam perlindungan data pribadi dan privasi konsumen RI, yang akan diimplementasikan di beleid PDP (Perlindungan Data Pribadi), yang menjadi salah satu track Data Governance pada DataGovAI Summit & Awards, 17-18 Oktober 2018 di Balai Kartini, Jakarta.

Semangat membaca dan hari ini, 1 Juni 2018 adalah Hari Kelahiran Pancasila. Selamat dan Pancasila tetap Jaya di Tanah Air tercinta.

 

Dr. Rudi Rusdiah BE, MA
Chief Editor