2015, BlackBerry Raih Pendapatan $491 juta

0
818

Waterloo, Ontario , KomIT – – BlackBerry Limited, pemimpin global dalam komunikasi mobile, melaporkan hasil keuangan untuk tiga bulan yang berakhir pada 29 Agustus 2015 (semua angka dalam dolar AS dan US GAAP, kecuali dinyatakan lain). Pendapatan non-GAAP untuk kuartal kedua tahun fiskal 2016 adalah $ 491juta dengan pendapatan GAAP dari $ 490juta.

Pendapatan GAAP mencerminkan pencatatan akuntansi untuk pembelian sebagai pendapatan tertahan terkait dengan akuisisi WatchDox. Rincian pendapatan untuk triwulan ini adalah sekitar 15% untuk perangkat lunak dan jasa, 41% untuk hardware, dan 43% untuk biaya akses layanan (SAF). BlackBerry mendapatkan 2.400 pengguna enterprise baru di kuartal ini. Sekitar 60% dari lisensi terkait dengan penawaran ini merupakan lisensi untuk multi-platform. Selama kuartal kedua, Perusahaan mencatatkan pendapatan dari hardware dari penjualan lebih dari 800.000 ponsel pintar BlackBerry dengan ASP sekitar $ 240.

Kerugian non-GAAP untuk kuartal kedua sebesar ($ 66) juta, atau ($ 0,13) per saham. GAAP laba bersih dasar di kuartal ini adalah $ 51juta , atau $ 0,10 per saham dasar. Laba bersih GAAP dasar termasuk dampak akuntansi pembelian pada pendapatan GAAP, kredit non-tunai yang terkait dengan perubahan nilai wajar obligasi sebesar $228juta (the “Q2 Fiscal 2016 Debentures Fair Value Adjustment”) , biaya sebelum pajak sebesar $ 85 juta yang terkait dengan restrukturisasi, kompensasi saham sebesar $ 14 juta, dan amortisasi berwujud yang diperoleh sebesar $ 11 juta. Dampak dari penyesuaian tersebut pada laba bersih GAAP dan laba per saham dirangkum dalam tabel di bawah ini.

Jumlah kas, setara kas, investasi jangka pendek dan jangka panjang adalah $ 3,35miliar pada 29 Agustus 2015. Saldo kas meningkat $ 37juta pada kuartal kedua. Perusahaan membeli kembali 6juta saham selama kuartal ini dengan total $ 47juta. Tidak termasuk $ 1,25miliar dalam nilai nominal hutang kami, saldo kas bersih pada akhir kuartal adalah $ 2,1miliar. Pesanan pembelian dengan produsen dalam kontrak mencapai sekitar $ 248juta pada akhir kuartal kedua, dibandingkan dengan $ 238juta pada akhir kuartal pertama dan turun dari $ 344juta pada kuartal tahun lalu. Termasuk dampak nilai tukar valuta asing, arus kas operasi adalah $ 110 juta arus kas bebas (arus kas operasi dikurangi pengeluaran modal) sebesar $ 100 juta.

“Saya yakin pada strategi kami dan peningkatan yang berkesinambungan, tergambar pada empat kuartal berturut-turut dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan dua digit dari pendapatan lisensi perangkat lunak dan enam kuartal berturut-turut mendapatkan arus kas bebas positif,” kata Executive Chairman dan Chief Executive Officer John Chen . “Dalam rangka memperluas kepemimpinan kami di perangkat lunak dan layanan multi-platform, kami berinvestasi secara strategis dan organik melalui produk dan layanan baru yang tersedia pada platform BES, dan melalui akuisisi seperti ATHOC dan Good Technology.”