Melirik Pasar Ritel & Perbankan, Datacomm Rilis Cloudciti BaaS & CeMM

0
668

Jakarta, KomIT- Pesatnya perkembangan BringYour Own Device (BYOD) mengharuskan bisnis menggunakan solusi yang mudah dalam penggelaran dan pengelolaannya, tidak memerlukan biaya uang muka yang besar, dan dapat memenuhi kebutuhan mereka tanpa mengorbankan persyaratan keamanan data perusahaan.

Dalam upaya menghadapi tren cloud dan BYOD yang terus tumbuh. PT Datacomm Diangraha, memperkenalkan dua solusi berbasis cloud barunya yaitu Cloudciti Backup-as-a-Services (BaaS) dan Cloudciti Enterprise Mobility Management-as-a-Services (CEMM). Potensi pasar yang dilirik adalah industri perbankan dan retail dengan migas dan healthcare yang ikut dipertimbangkan.

Kehadiran dua solusi baru berbasis cloud dari Datacomm yang diperkenalkan kemarin tak lepas dari kerja sama strategis yang terjalin dengan Citrix XenMobile (Citrix) dan Acronis Indonesia (Acronis). Citrix memberikan dukungan untuk solusi CEMM. Sedangkan Acronis memberikan dukungan untuk solusi BaaS dari Datacomm

Managing Director Datacomm Cloud Business Sutedjo Tjahjadi mengatakan bahwa enterprise mobility saat ini tidak bisa dihindari seiring dengan perusahaan dan organisasi yang menerapkan kebijakan BYOD dan teknologi mobility.” “Solusi CEMM dan BaaS. Kedua solusi berbasis cloud ini akan memberikan manfaat kelincahan, kemudahan pengelolaan, keandalan, serta jaminan keamanan untuk pelanggan,” tambah Sutedjo.

Sutedjo juga menyebutkan bahwa kedua solusi baru dari Datacomm ini sangat berpotensi untuk digunakan dalam industri perbankan dan retail. Di sisi perbankan, solusi Datacomm ini dinilai dapat memberikan keamanan data yang dibutuhkan. Sedangkan di sisi retail, dinilai dapat membantu dalam pengelolaan inventori, meningkatkan pengalaman berbelanja, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain perbankan dan retail, industri migas (minyak bumi dan gas) dan healthcare juga menjadi pertimbangan pasar yang potensial.

CEMM didukung oleh teknologi Citrix XenMobile didefinisikan oleh Datacomm sebagai solusi cloud Enterprise Mobility Management (EMM) multi-platform (Android, iOS, Windows phone) yang akan memberikan bisnis mobile device management (MDM), mobile application management (MAM), standar keamanan, dan kemampuan self-service bagi pengguna. CEMM sendiri sudah tersedia dalam dua layanan, yakni by Feature dan by Delivery Model.

Country Manager Citrix System Inc. Indonesia Hans Utomo menngatakan Citrix menyediakan sebuah solusi sehingga bisnis dapat memanfaatkan kekuatan cloud untuk mengelola dan melindungi perangkat mobile, aplikasi dan data.

Sedangkan BaaS yang didukung Acronis didefinisikan Datacomm sebagai solusi pemulihan bencana untuk semua data, setiap saat, dan dimana saja. Solusi ini memberdayakan solusi Cloudciti Infrastucture-as-a-Service yang dimiliki Datacomm dan bekerja menggunakan Cloudciti secure software-defined storage dengan desain tier-3 yang diklaim telah memenuhi standar SSAE 16. Datacomm menjanjikan solusi BaaS ini akan dapat melakukan backup dan pemulihan disk, partisi, server, dan data ke dalam Cloudciti storage. Fitur smart backup yang tersedia juga diklaim dapat mengurangi konsumsi network dan biaya storage.

Sementara itu, Country Manager Acronis Indonesia Rudi Rangkuti mendukung Datacomm dalam membangun bisnis backup datanya dan produk keamanan data lainnya yang didukung oleh teknologi yang dikembangkan oleh Acronis. (red/ju)