Menteri Kominfo Tinjau Kesiapan Jaringan Operator

0
791

Jakarta, KomIT- Menteri Kominfo Rudiantara melakukan kunjungan ke operator telekomunikasi Telkomsel dan Indosat Ooredoo untuk memastikan kesiapan kualitas jaringan mereka saat mudik lebaran di Jakarta, kemarin. Pasalnya, dengan adanya migrasi arus mudik ini, membuat operator telekomunikasi harus selalu siaga menghadapinya.

Rudiantara menyimak laporan mengenai kesiapan Telkomsel menghadapi mudik lebaran dari Chief Commander RAFI 2016 Paulus Djatmiko, VP IT Service Management Anky Priyagung, dan VP Customer Care Management Andri Wibawanto. “Saya melihat perkembangan cara manajemennya semakin berkembang sesuai dengan perkembangan bisnis yang available di zaman ini,” kata Rudiantara menanggapi laporan dari Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan kualitas jaringan merupakan prioritas utama Telkomsel dalam menghadirkan layanan bagi para pelanggan, terutama pada periode mudik lebaran yang menjadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia. “Untuk itu, sejak jauh hari kami ingin memastikan seluruh layanan berfungsi dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di berbagai jalur dan lokasi yang akan dipadati pemudik maupun wisatawan,” katanya.

Sementara itu,dalam peninjauan kesiapan jaringan di Indosat Network Operation Center (i-NOC) di Jakarta, Rudiantara didampingi oleh Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat Interior. Indosat melakukan pemantauan dan memastikan jaringan dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre.

Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa mudik lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring. “Bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, secara reaktif tim Customer Service sudah bergerak sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin,” seperti yang disampaikan dalam release tertulis Indosat Ooredoo ke redaksi Telko.id.

Kapasitas jaringan Indosat Ooredoo juga telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. (red)