9APPS: Download Aplikasi Meningkat di Bulan Ramadan

0
2325

Jakarta, KomIT – Sebuah video yang diunggah di Youtube baru-baru ini membuat gempar Kaskuser setelah video yang dibintangi oleh seorang perempuan tak dikenal berjudul “Doraemon Vs Joko, siapakah yang berhasil berpuasa” memicu ribuan posting dan dilihat sebanyak 3 juta kali hanya dalam waktu 2 minggu.

Video berdurasi 4 menit ini menceritakan bagaimana 9APPS membantu orang-orang yang berpuasa dengan menawarkan berbagai aplikasi bertema Ramadan, mulai dari panduan doa sampai jadwal puasa. Video ini menampilkan seorang pria muslim yang tidak mau berpuasa bernama Joko, dan Doraemon yang selalu mengingatkan Joko agar untuk tetap berpuasa ketika banyak godaan untuk batal.

Dinda Rahmadani Putri muncul sebagai salah satu godaan puasa bagi Joko dan pada saat yang sama juga mendorong Joko untuk menjadi umat Muslim yang baik dengan menggunakan berbagai aplikasi yang bermanfaat dan menyenangkan dari 9APPS. Penampilan Dinda menimbulkan rasa ingin tahu antar Kaskuser dan Youtuber, tampak dari ratusan komen di Youtube dan melambungnya popularitas Dinda di Instagram. Ini dapat menjadi awal bagi Dinda untuk menjadi bintang di media sosial seperti halnya GAC dan DijjahYellow.

Selain menaikkan popularitas bintang baru media sosial, bulan Ramadan juga meningkatkan jumlah download aplikasi di 9APPS pada beberapa kategori. 9APPS, toko aplikasi Android terkemuka dari UCWeb, anggota Alibaba mobile business group mengungkapkan trend download aplikasi selama Ramadan. Data memperlihatkan peningkatan download aplikasi sebesar 276,60%, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Hal ini sejalan dengan data dari Lazada yang menunjukkan 61.61% orang Indonesia berbelanja lebih banyak pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Lazada, peningkatan perilaku belanja berlaku untuk semua Status Sosial Ekonomi (SSE), 15% untuk SSE menengah ke atas, 20% untuk SSE menengah dan 30% untuk SSE menengah ke bawah. Aplikasi lain yang meningkat jumlah downloadnya pada bulan Ramadan adalah game arcade (42,38%), game action (11,26%), media & video (9,18%) dan fotografi (6,80%). Sementara itu, beberapa aplikasi mengalami penurunan jumlah download pada bulan Ramadan, yaitu game adventure (-43,72%), game strategy (-31,14%) dan productivity apps (-22,24%).

“Bulan Ramadan ini kami menawarkan berbagai aplikasi untuk umat Muslim, termasuk panduan doa dan jadwal Ramadan untuk memaksimalkan ibadah puasa mereka. Sebagai salah satu toko aplikasi Android terpopuler, kami sangat senang dapat menyediakan aplikasi-aplikasi menarik sepanjang tahun. Kami berharap dapat menyediakan aplikasi yang lebih bermanfaat dan menarik untuk para pengguna 9APPS yang sekaligus meningkatkan pengalaman digital mereka,” ujar Rizky Maulana, Head of 9APPS Indonesia, UCWeb. (red)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.