Indosat Ooredoo Manfaatkan Jaringan Satelit Thuraya

0
2185

Jakarta, KomIT – Indosat Ooredoo dan Thuraya Telecommunications Company, menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengembangkan berbagai layanan baru dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan satelit Thuraya untuk melengkapi portofolio jaringan Indosat Ooredoo dan memperluas layanan ke daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan kabel atau selular GSM.

Penandatanganan MoU ini menciptakan kerangka kerja untuk kerjasama masa depan di tiga bidang utama. Pertama, mengembangkan layanan roaming sehingga pelanggan selular Indosat Ooredoo dapat tetap berkomunikasi di jaringan Thuraya. Kedua, bundling perangkat satelit dengan aplikasi digital Indosat Ooredoo, dan ketiga pengembangan teknologi IoT (Internet of Things).

Pemanfaatan jaringan satelit menjadikan karyawan tetap dapat menggunakan aplikasi-aplikasi bisnis sehingga perusahaan dapat memperluas operasi dan layanan di area yang tidak terhubung jaringan telekomunikasi kabel atau selular, atau di lingkungan dengan kondisi yang ekstrim, atau dalam kondisi darurat bencana dimana jaringan telekomunikasi lumpuh. Berbagai industri seperti minyak dan gas, pertambangan, perkebunan, pelayaran, perikanan dan kelautan, militer dan kepolisian yang beroperasi di luar jangkauan jaringan telekomunikasi kabel dan selular dapat memanfaatkan jaringan satelit untuk meningkatkan produktifitasnya.

Menurut Bilal Hamoui, Thuraya Chief Commercial Officer, “Penandatanganan MoU ini merupakan langkah penting menuju kerjasama jangka panjang yang luas dan menarik. Indonesia adalah negara besar yang meliputi wilayah yang luas, dan membutuhkan konektivitas yang andal sepanjang waktu. Kemampuan kami akan melengkapi, dan memberikan fleksibilitas yang jauh lebih besar kepada pelanggan. Kerjasama ini memberikan solusi komunikasi yang andal di mana pun dan kapan pun dibutuhkan pelanggan di seluruh Indonesia.”

Herfini Haryono, Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, mengatakan, “Indosat Ooredoo Business selalu berupaya untuk menjadi mitra penyedia solusi ICT terdepan dan terpercaya bagi pelanggan bisnis dan korporasi. Penandatangan MoU ini adalah upaya Indosat Ooredoo Business untuk mendukung tranformasi digital para pelanggan korporasi kami dengan dimungkinkannya komunikasi, akses informasi dan aplikasi di lokasi-lokasi terpencil di mana saja.” telko.id

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.