Teras BRI Kapal Kembali Diresmikan Presiden Jokowi

0
252

Jakarta, KomIT – Setelah sukses meluncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva I pada bulan Agustus 2015 lalu di Jakarta, kali ini PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. meresmikan Teras BRI Kapal Bahtera Seva II dan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III di Ambon (24/02). Peresmian ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, Gubernur Maluku Said Assagaf, Gubernur Ternate Abdul Ghani Kasebu. Sementara dari internal BRI dihadiri oleh Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam, Komisaris Utama Bank BRI Mustafa Abubakar turut hadir beserta jajaran direksi lain.

“Pada HUT Kemerdekaan RI ke 72, Kerja Bersama untuk menegakkan Kedaulatan Finansial dalam bentuk Financial inclusion untuk daerah 3T (Terpencil, Terluar dan Tertinggal) di 17,000 pulau yang tersebar di seluruh NKRI merupakan komitmen PT BRI,” ujar Indra Utoyo, Direktur BRI, mantan Direktur PT Telkom yang juga sangat concerned dengan digital inclusion di daerah 3T.

Teras BRI Kapal adalah salah satu bentuk financial inclusion Bank BRI yang bertujuan untuk mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia, terutama bagi masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit/belum mendapatkan akses terhadap layanan perbankan.

Bahtera Seva I yang telah beroperasi di Kepulauan Seribu terbukti telah memberikan manfaat terhadap masyarakat sekitar. Berdasarkan pengamatan tersebut, Bank BRI meluncurkan Teras BRI Kapal Bahtera Seva II dan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III. Teras BRI Kapal Bahtera Seva II akan beroperasi di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo. Adapun pulau pulau yang akan dikunjungi antara lain Pulau Flores, Pulau Longos, Pulau Boleng, Desa Tj. Boleng, Pulau Seraya Besar, Pulau Seraya Kecil, Pulau Messah, Pulau Kukusan, Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Papagaran.

Bahtera Seva III akan beroperasi di Kepulauan Halmahera Selatan, dengan wilayah mencakup Pulau Bacan, Pulau Batan Lomang, Pulau Mandioli, Pulau Madapolo, Pulau Babang, Pulau Saketa, Pulau Kayoa, Pulau Kasiruta dan Pulau Doko. Kedua kapal tersebut akan beroperasi dengan jadwal mulai dari hari Senin hingga Jumat, pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Layanan perbankan yang diberikan Teras BRI Kapal sama dengan yang dijumpai di kantor BRI pada umumnya, antara lain produk simpanan, pinjaman hingga pembayaran. Juga tersedia tambahan kas bagi Agen BRILink, yang merupakan kepanjangan tangan layanan Bank BRI yang dilakukan oleh nasabah BRI sehingga semakin mempermudah nasabah yang inign melakukan transaksi keuangan. Teras BRI Kapal juga dilengkapi dengan 1 unit Automated Teller Machine (ATM) di atas kapal yang akan berfungsi selama 24 jam secara online.

Dalam melakukan pelayanannya, Teras BRI Kapal didukung teknologi informasi yang canggih dan sumber daya manusia yang handal. Kapal dilengkapi petugas teller dan customer service serta petugas kredit mikro. Untuk menjaga keamanan, kapal juga akan dilengkapi dengan fungsi keamanan dengan bekerjasama menggandeng aparat terkait. Sementara itu, untuk pengelolaan teknis dan perawatan kapal, BRI bekerja sama dengan manajemen perkapalan profesional untuk menjamin kelancaran operasionalnya.

Khusus untuk Teras BRI Kapal Bahtera Seva III, Bank BRI mendesain dengan ukuran lebih besar dari kapal sebelumnya. Bahtera Seva III selain bertujuan memberikan akses perbankan, juga membawa misi untuk membangun masyarakat secara holistic. Selain untuk memberikan layanan keuangan yang terintegrasi, melalui Teras BRI Kapal Bahtera Seva III Bank BRI juga menyediakan layanan kesehatan, layanan perpustakaan keliling dan Rumah Kreatif BUMN atau RKB, yang kesemuanya dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat di sekitar Kepulauan Halmahera Selatan. Harapannya, guna menggerakkan perekonomian.

Mobil Teras BRI di Pos Lintas Batas Negara Mota’ain RI & Timor Leste
Selain dalam bentuk Kapal Teras BRI, maka BRI juga menyediakan banyak Mobil Teras BRI, beberapa diantaranya melayani Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain, Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (17/7). PLBN Mota’ain adalah perbatasan antara NTT di wilayah RI dan Timor Leste.

Pos Lintas Batas Mobil Teras BRI dapat menjaga Rupiah sebagai simbol kedaulatan RI dan sekaligus gerakkan ekonomi sebagai simbol kedaulatan Pasar serta simbol eksistensi di daerah 3T di Perbatasan perbatasan NKRI dengan banyak negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Timor Lestee, Australia, Papua Nuigini, sebagai misi yang sangat strategis dan penting bagi RI yang di emban oleh BRI. Bank Indonesia (BI) mengajak stakeholder lainnya, terutama Bank Pemerintah untuk bersinerji menyediakan rupiah di seluruh pelosok penjuru Tanah Air RI.

Mobil Teras BRI untuk menyediakan finansial inklusion oleh BI mirip dengan projek MPLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan) yang difasilitasi oleh Kementrian Kominfo bersama BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika) untuk program USO (Universal Service Obligation) inklusif melayani kecamatan kecamatan 3T.

Pada acara Malam Penghargaan dan Apresiasi Mitra Kerja KPU/USO 2017, Menteri Kominfo, Rudiantara mewakili BP3TI memberikan penghargaan kepada beberapa Bank BUMN, antara lain BRI diwakili oleh Direktur Indra Utoyo yang telah banyak membantu program PLIK dan MPLIK dari sisi finansial inclusion nya (25/7/2017).

Ke depan jaringan satelit BRISat dapat melayani ratusan Mobil dan Kapal Teras BRI untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan terestrial memberikan kedaulatan Financial dan sekaligus Digital inclusion.

Bank BRI sebagai agent of development turut berperan dalam meningkatkan kesehatan dan minat baca di masyarakat. Selain itu, melalui RKB Bank BRI juga menargetkan terwujudnya Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM di wilayah pesisir. (*)