Jakarta, Komite.id -Pameran otomotif “Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019” telah berlangsung pada tanggal 25 April – 5 Mei 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Dengan mengambil periode atmosfer IIMS 2019, yakni dari 25 April – 5 Mei 2019, belanja iklan televisi industri otomotif – mobil dan motor – maupun jumlah iklan yang ditayangkan di televisi justru mengalami penurunan signifikan dibandingkan IIMS 2018.
Data yang dilansir oleh PT Sigi Kaca Pariwara menyebutkan, pada periode IIMS 2019, belanja iklan televisi sektor otomotif -mobil dan motor- tercatat mencapai Rp49,14 miliar atau turun sebesar 37,30% dari belanja iklan pada periode IIMS 2018 yang mencapai Rp 78,70 miliar. Penurunan ini ditengarai faktor berhati-hatinya para pelaku industri otomotif dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk dan penantian terhadap hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2019) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).
Penurunan belanja iklan televisi IIMS 2019 ini bisa dimaklumi juga apabila merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) kuartal I-2019 menunjukkan penjualan mobil secara wholesale turun 13,07% year on year (yoy) dari 292.031 unit menjadi 253.863 unit.
Untuk kategori brand dengan dana belanja iklan tv terbesar pada IIMS 2019, All New Nissan Livina mengeluarkan belanja tertinggi dibandingkan dengan merek lainnya, yakni mencapai Rp12,44 miliar. Peringkat kedua adalah Yamaha Nmax155 senilai Rp7,16 miliar dengan total 175 iklan. Sedangkan peringkat ketiga adalah Yamaha Lexi dengan total belanja iklan Rp5,76 miliar.
Jika dilihat dari jumlah (kuantitas) iklan otomotif, selama periode IIMS 2019 terdapat 1.574 iklan atau turun 41,66% dari total iklan pada IIMS 2018 yang tercatat sebanyak 2.698 iklan. Untuk brand yang paling banyak beriklan di televisi pada periode acara IIMS 2019 adalah All New Nissan Livina dengan total 537 iklan. Yamaha Lexi merupakan yang tersering kedua muncul dengan 175 iklan. Selanjutnya, Yamaha Nmax dengan 126 iklan menempati peringkat ketiga. (red)