“kami berharap Callme dapat menjadi solusi dari hulu ke hilir sekaligus menjadi Jembatan yang dapat menghubungkan seluruh pemangku kepentingan di Industri ini dengan pemberdayaan teknologi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat,”
Jakarta, Komite.id – PT. CALLME DIGITAL INDONESIA atau Callme Tailor merupakan platform online marketplace yang berfokus pada Penyedia Jasa Jahit dan Penyedia Produk Fashion Batik. Callme Tailor terus menjalankan misinya untuk memberikan perubahan ekonomi yang lebih baik bagi #MitraUMKM agar bisa naik kelas dan meraih potensi pelanggan yang lebih luas.
Dengan tagline “Solusi Baju Masa Kini”, startup lokal sebagai solusi jahit dan permak No.1 di Indonesia ini ikut berperan dalam memajukan ekonomi Indonesia di sektor pakaian dan pemberdayaan teknologi.
Sebagai Platform Supply Chain Management, Callme Tailor berfokus pada industri Pakaian (Clothing) dengan konsep Online Marketplace yang menyesuaikan misinya dengan kebutuhan utama manusia, yakni Sandang (Pakaian), Pangan (Makanan) dan Papan (Tempat Tinggal).
Veryco Andrean, Founder Callme menjelaskan bahwa dalam perkembangan Industri Sandang yang begitu pesat tidak lepas dari peran para pegiat UKM Terampil yang memberikan kontribusi.
“kami berharap Callme dapat menjadi solusi dari hulu ke hilir sekaligus menjadi Jembatan yang dapat menghubungkan seluruh pemangku kepentingan di Industri ini dengan pemberdayaan teknologi yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat,” ucap Veryco dalam acara Soft Lauching Callme Tailor, di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Jumat (28/10).
Diketahui, Sandang menjadi salah satunya yang memberi dampak perkembangan tren Fashion yang terus berubah, menimbulkan permasalahan baru dengan banyaknya produk pakaian yang terjual setiap harinya.
Menjadi startup lokal jahit online hasil karya anak muda, Callme Tailor hadir sebagai karya generasi muda Indonesia yang berinisiatif dan memiliki tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul dengan mengikuti perkembangan teknologi, dan mendirikan Callme sebagai solusi baju masa kini yang bermanfaat bagi para pengguna aplikasi.
Dalam kesempatan yang sama, Dini Fronitasari, Chief Technology Officer Callme mengatakan bahwa, “Kami mengawali fokus kami terhadap Komunitas Penjahit dan seluruh pengrajin Kain Nusantara di seluruh Indonesia, untuk dapat bersama-sama mengoptimalkan solusi teknologi dari Callme dengan adanya marketplace dan supply chain tailor sehingga bisa memaksimalkan potensi pasar yang lebih luas tidak hanya di pasar lokal, namun tidak tertutup juga di pasar Internasional,” kata Dini Fronitasari.
Dini juga menekankan bahwa Callme Tailor menawarkan solusi ramah lingkungan yang mengedepankan bahan-bahan organik. “Motivasi kami bermula dengan melihat kondisi masyarakat yang banyak kehilangan pekerjaan dan masih jarang dalam memanfaatkan kebutuhan jahit dan permak. Menjawab tantangan tersebut, kami tawarkan solusi penggunaan bahan-bahan organik yang ramah lingkungan. Selain itu kami juga nantinya akan mengadopsi teknologi AI dalam aplikasi Callme Tailor agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan customer,” tuturnya lagi.
Tanpa disadari, melihat kondisi pencemaran emisi karbon di Indonesia, hal ini juga menjadi tantangan Callme Tailor untuk mendukung pertumbuhan ekonomi hijau melalui ekosistem sustainable lokal fashion.
Di tengah situasi perekonomian yang tidak dapat diprediksi dan mengharuskan segala kegiatan dilakukan serba cepat, Callme menawarkan aplikasi solusi jahit dan permak yang menguntungkan dengan menghadirkan beberapa layanan di antaranya, Layanan Jasa Jahit & Permak dan Layanan Belanja Produk Pakaian.
Layanan Jasa Jahit & Permak
Didukung oleh Komunitas Mitra Penjahit berpengalaman di seluruh Indonesia, Callme hadirkan sistem Home Service yang memungkinkan Customer memperoleh layanan Jahit & Permak full service cukup tunggu santai dari rumah saja.
Perlu diketahui, layanan Home Service Callme merupakan perpaduan antara Jasa Jahit dan Jasa Transportasi Penjemputan/Pengantaran Pakaian oleh Mitra Jahit dengan kemudahan dari penggunaan aplikasi.
Layanan Jasa ini dibentuk atas dasar kepedulian terhadap para Tukang Jahit yang memiliki keterbatasan jumlah pelanggan yang dapat dijangkau. Callme memfasilitasi para penjahit untuk menerima layanan jahit dan permak dalam satu aplikasi dengan potensi pelanggan dan sumber pendapatan yang tidak terbatas.
Layanan Belanja Produk Pakaian
Bertujuan menjadikan Platform Callme sebagai “Surga Belanja Online” untuk para penggemar Kain Nusantara (Batik, Tenun, Songket) dengan berbagai pilihan motif dan pola yang khas dari masing-masing daerah di Indonesia.
Callme juga memiliki misi utama memperkenalkan salah satu warisan budaya Indonesia yaitu Kain Nusantara dan penggunaan Eco Friendly Material (sustainable fashion) agar lebih mudah dijangkau oleh pasar Nasional dan juga Internasional.
Selain itu, Callme ingin mewujudkan komunitas #callmenusantara yang peduli dan bangga akan Kain Nusantara sebagai salah satu identitas bangsa yang mendunia. Dengan menyediakan layanan jahit permak online 2 X 24 jam, Callme memiliki mimpi untuk mengedepankan bahan-bahan organik dan ramah lingkungan untuk mendukung pelestarian alam serta mengurangi potensi timbulnya limbah tekstil.
Untuk itu, hadirnya Callme Tailor di tengah masyarakat yang memanfaatkan teknologi, diharapkan mampu melibatkan lebih banyak karya-karya generasi muda Indonesia sekaligus membantu UMKM Mitra Jahit dan Kain Nusantara untuk memperoleh kebangkitan perekonomian bangsa di masa pascapandemi.