Rayakan Hari Kebaya Nasional, Bendum PERWANTI – PSMTI Lusiana Hadiri Kowani Expo di Istora Senayan

0
457

Jakarta, Komite.id – Perayaan Hari Kebaya Nasional 2024 digelar Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dalam acara Kowani Expo yang diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta (24/07/2024).

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi), Tokoh Nasional dan sejumlah artis Tanah Air turut hadir memeriahkan Hari Kebaya Nasional 2024.

Bendahara Umum Persaudaraan Wanita Tionghoa Indonesia (PERWANTI) PSMTI Lusiana, Ng turut menghadiri undangan acara tersebut bersama Sekretaris Dept. Kaderisasi, Pemuda dan Pengembangan PSMTI Lay Yang Moy dan Wakil Kepala Dept. Pengembangan PSMTI Lily Saptarina Tjhang.

Perlu diketahui, Peringatan Hari Kebaya Nasional diadakan untuk pertama kalinya pada tahun ini setelah terbitnya Keppres Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

Acara berlangsung meriah dan penuh sukacita turut menjadi momen penting dalam upaya melestarikan budaya berkebaya di Indonesia.

Dengan mengusung tema “Lestarikan Budaya dengan Bangga Berkebaya”, acara tersebut dihadiri oleh sekitar 7000 perempuan dari seluruh daerah di Indonesia.

Bendum PERWANTI – PSMTI Lusiana, Ng mengungkapkan rasa senangnya karena bisa ikut memeriahkan Hari Kebaya Nasional 2024, dirinya turut mengucapkan Selamat Hari Kebaya Nasional untuk seluruh wanita tangguh di Indonesia

“Saya sangat senang karena bisa ikut memeriahkan kegiatan ini, semoga ke depannya ini menjadi satu langkah awal bagi wanita di Indonesia bahwa berbusana Kebaya tidak hanya digunakan saat menghadiri acara-acara penting saja, tetapi kita juga bisa nyaman saat mengenakannya dalam kegiatan sehari-hari,” ucap Lusiana.

Melalui kegiatan ini, Lusiana, Ng berharap PERWANTI – PSMTI bisa menjadi Organisasi wanita Tionghoa Indonesia yang dapat menggalakan gerakan perempuan berkebaya.

Selanjutnya, Ketua Panitia Puncak Acara Peringatan Hari Kebaya Nasional Tantri Diah Kirana Dewi menyampaikan acara tersebut diharapkan bisa mendorong lebih banyak perempuan untuk mengenakan kebaya.

Tantri juga menekankan bahwa telah ditetapkan hari khusus berkebaya, yaitu “Selasa Berkebaya,” yang diharapkan dapat diterapkan oleh perempuan di seluruh Indonesia.

“Kebetulan kami sudah menetapkan di Kowani Selasa Berkebaya, selain Rabu Batik tentunya Selasa Berkebaya, itu sudah digariskan untuk ditetapkan sebagai hari berkebaya di Kowani. Insyaallah hari Selasa ini juga akan kami siarkan ke seluruh negeri untuk bisa setiap Selasa ibu-ibu berkebaya semua,” kata Tantri, mengutip Antara News (24/07/2024)

Perlu diketahui, diselenggarakannya peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya. Hari Kebaya Nasional pertama merupakan kerja sama antara Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta para Komunitas Kebaya. (FA)