Jakarta, Komite.id – Pameran Computex 2024  kembali digelar Juni 3-7, 2024 dihadiri oleh para C Level Vendor manufaktur hardware, software Komputer dari seluruh dunia, kini merambah ke dunia ICT dan AI kelas dunia. Awalnya sebagai pameran Komputer terbesar di dunia, sekelas Comdex Fall ( diganti dengan CES – Consumer Electronics Show di Las Vegas) & Cebit di Hanover. Saya mewakili ABDI sudah rutin diundang oleh TAITRA (Taiwan External Trade Development Council) sejak 1990 an ketika sebagai Pengusaha Komputer (PT Micronics Internusa) kini lebih fokus menghadiri Summit nya yang luar biasa dihadiri oleh 1,500 profesional industry IT kelas dunia, seperti halnya CommunicAsia (sekarang Asia Tech @ SG 2024). Karena Indonesia menganut One China Policy, maka TAITRA, sekelas Atase bidang Ekonomi & Trade mewakili Taiwan di Jakarta dan berkantor pusat di Taipei. Dalam kunjungan ke Taiwan suasana sejuk, hujan setiap pagi & sore dan aman terlepas dari berita terkait kemelut di Kawasan Asia.

Computex Taipei 2024 sejak beberapa tahun diselenggarakan di NanGang Exhibition Centre karena lebih luas dihadiri 4,500 booth, sebelumnya di Gedung WTC sebelah Menara 101, icon kota Taipei.

Pada artikel yang lain, akan diulas beberapa keynote saja dari banyak keynote yang sangat menarik di Computex 2024, Taipei, yang juga kebetulan diundang hadir dan memang memberikan banyak sekali insight yang bermanfaat mengenai masa depan dan kemana arah industry hardware / manufaktur ICT, Networking kedepan. Sedang Asia Tech 2024 memang rutin focus pada regulasi dan executive summit dunia ICT, Cyber kedepan. Tema dari Kedua Venue terbesar ini sama sama terkait Masa Depan Generative AI, Accelerate Computing GPU, CPU, Quantum Computing baik dari sisi manufacturing & Trend Hardware Computing (Computex) maupun regulasi Generative AI hingga Deep Fake (Asia Tech 2024).

Host Computex 2024 yang ke 30+ adalah TAITRA bersama TCA (Taiwan Computer Association) dengan opening keynote oleh James CF Huang, Chairman TAITRA dan Mr Paul SL Peng Chairman TCA.  Sedemikian pentingnya Computex bagi Pemerintah Taiwan, maka hadir pada Opening Ceremony yang dijaga oleh protocol ketat,  HE Dr Ching-Te Lai, President, Republic of China (Taiwan) & beberapa Menteri antara lain MODA (Menteri Digital Affair); MOEA (Menteri Perekonomian), karena memang Manufacture Computer & industry ICT memberikan kontribusi luar biasa besarnya bagi Taiwan, karena Taiwan adalah eksportir terbesar Komputer, Peralatan IT & Semiconductor Chip didunia bersama AS, Tiongkok, Japan & Korea.

Dalam Keynote Presiden Taiwan mengundang pemain raksasa global antara lain: Nvidia, AMD, Intel, Qualcomm, Microsoft untuk terus hadir dan membangun industry computer di Taiwan Bersama pemain nasionalnya antara lain Asus, Acer, Gigabyte, FoxConn, Supermicro sehingga menjadi eksportir IT terbesar didunia. Presiden Taiwan juga memberikan apresiasi Best Choice Awards Kepada C Level antara lain Nvidia, AMD, Acer, Asus, Gigabyte karena memang sukses memberikan kontrubis yang luar biasa bagi ekonomi Taiwan.

Tema AI Capable Devices

Generative AI yang mulai matang menyebar dari Clouds, Pengguna dan aplikasi Edge, dimana AI menjadi mainstream teknologi mendukung berbagai bisnis, sector industry hingga marketing products. Peserta Pameran menggelar hasil R &D, inovasi, solusi di bidang AI, advanced communication, future transportation, virtual reality, sustainable energy.

Product primadona adalah AI PC & Mobile Devices dengan Operating Systems nya Windows Co Pilot.

AI PC dan Microsoft CoPilot

Computex 2024 showcase yang fokus pada AI, dengan pengembangan AI PC, yang meninggalkan PC Windows tradisional. Bisa juga agar ada alasan bagi pasar untuk mengganti investasi PC lamanya dengan teknologi baru AI PC. Fokus membangun High Performance PC untuk menjalankan AI Tasks & Aplikasi menggunakan DataSet besar

Powerful CPU : Baik AMD & Intel meluncurkan jajaran prosesor baru dengan peningkatan kinerja yang signifikan. Seri AMD Ryzen 9000 menawarkan peningkatan kinerja sebesar 16%, ideal untuk tugas AI dengan DataSet besar.

Qualcomm mengumumkan strategi memasuki AI PC & Notebook di Computex 2024 dengan teknologi Snapdragon X Series processors yang khusus dirancang untuk Windows desktop Pasar PC dengan kelebihan:

  • Snapdragon X Processors: Snapdragon X Elite & Snapdragon X Plus. Integrasi AI processing CPU & GPU khusus, untuk memungkinkan offloading AI tasks & meningkatkan system efficiency, khusus untuk aplikasi AI.
  • Power Efficiency: Yang menarik Qualcomm focus pada Power Efisiensi. Snapdragon X processors menawarkan kinerja per watt yang lebih tinggi dari PC Tradisional sehingga masa pakai baterai lebih lama untuk laptop & PC desktop Qualcomm & tidak panas.

ABDI juga sempat mengikuti Keynote dari CEO Qualcomm dan mengikuti beliau menguncungi stand Asus, Acer, MCI yang menggunakan Qualcomm Snapdragon Powerful Motherboard: MSI meluncurkan motherboard untuk aplikasi AI dengan SSD M,2 memory Intel menampilkan Prosesor Inti Generasi ke-13 (Raptor Lake): Menawarkan peningkatan jumlah inti dan kecepatan clock yang lebih tinggi dibandingkan seri Alder Lake Generasi ke-12. Bersaing langsung dengan seri Ryzen 9000 milik AMD.

CEO Intel dan AMD juga tampak melakukan kunjungan ke stand para manufaktur Taiwan yang memanfaatkan produk mereka.  Para CEO kelas dunia Nvidia, Intel, AMD, Qualcomm menunjukkan memang manufaktur Taiwan ini sangat diperhatikan oleh para C Level kelas duna dari Global MNC karena memang Taiwan adalah eksportir IT, Chip Elektronik terbesar didunia demikian juga dengan peran dari Computex.