Badan Ekonomi Kreatif Buka Social Media Week (SMW) 2016

0
1012

Jakarta, KomIT – Hari pertama SMW 2016 Jakarta dibuka dengan semarak oleh Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BeKraft) bersama Antonny Liem, Ketua Panitia SMW dan CEO Merah Cipta Media (MCM) Group. Animo masyarakat dan industry Sosmed ini sangat antusias hingga tiket masuk dari konperensi SMW 2016 ini habis terjual dan ruang pameran dipenuhi oleh para sponsor dan partner antara lain: Blibli.com; IBM, Kaskus; Gojek; Politron; Fujifilm; BCA; Qlue dll.

Apabila tema Global yang diusung SMW 2016 adalah slogan Adam Smith The Invisible Hand melalui The Hidden Force of Technology maka Triawan pada Keynote speech menyarankan tema “The Good Force of Technology and Love” merujuk tema film StarWar “May the force be with you” seusai kunjungannya ke Silicon Valley bersama Presiden Jokowi dilanjutkan studi banding ke Hollywood.

Piotr Jakubowski, CMO Gojek memaparkan bagaimana Disrupsi Teknologi melalui Perjuangan dan Pemberdayaan Sosial oleh Karya Anak Bangsa melalui beberapa video perjalanan hidup dari bawah hingga sukses penarik Gojek; tunanetra Go Massage dan lainnya yang mengharukan dan membangun rasa kebangsaan dan nasionalisme.
Bagaimana membangun, menumbuhkan dan ‘monetize’ bisnis melalui SosMed dibawakan oleh Alice Wei, Product Partnership APAC, Facebook dilanjutkan oleh bagaimana menghitung ROI (Return of Investment) dari sebuah Investment di SosMed oleh Rainbow Cheung, Account Manager dari Socialbakers melalu branding.

Menarik bahwa dalam hal branding beberapa top brand Indonesia menduduki ranking atas branding kelas dunia tanpa menyebut brand nya karena baru akan diluncurkan beberapa minggu kedepan. Indonesia juga sangat aktif dalam hal pemanfaatan Sosial Media ujar Alice kepada Rudi Rusdiah, Chief Editor Komite.id disela acara konperensi. Statistik dan Indikator SosMed Indonesia dipaparkan oleh Karthik Regional Director Gfk Asia bersama Edi Taslim, Chairman Indonesian Digital Association (IDA).

Marketing gaya baru memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sebuah perusahaan dengan konversi karyawan anda menjadi duta ambassador brand anda oleh Aeran Ismail, Enterprise dan Corporate Evangelist LinkedIn SouthEast Asia. Secara parallel juga diselenggarakan Community gathering oleh Fashion Influencer dengan tema The Role of Social Media melalui Fashion. Acara baik seminar, workshop maupun temu komunitas social media dari berbagai bidang sangat padat dan acara akan berlanjut besok dengan tema tema yang menarik serta tokoh SosMed baik Nasional maupun Regional Global (rrusdiah@yahoo.com).