Metrodata: Digitalisasi Mengubah Model Bisnis Lebih Adaptif

0
842

Jakarta, KomIT – Metrodata Solution Day 2016 (“MSD 2016”) yang mengusung tema “People & Business Transformation with Digital Business Platform”, kembali hadir dalam menjawab tantangan atas penyediaan solusi Tekonologi Informasi dan Komunikasibagi pelaku bisnis di Indonesia.

Lebih dari 1.000 profesional TI dan pelaku bisnis kunci hadir untuk menjadi bagian dari tren berbagai inovasi terdigitalisasi. “Saat ini digitalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dimana digitalisasi dapat mengubah cara hidup dalam bekerja, berkomunikasi dan berperilaku,” kata Susanto Djaja, Presdir PT Metrodata Electronics, Tbk dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Dilanjutkan, transformasi digital tidak hanya menggunakan atau berinvestasi teknologi digital secara langsung, namun juga harus mampu mengubah model bisnis menjadi lebih adaptif terhadap transformasi digital, efisien serta dapat menciptakan nilai lebih. Bahkan mengarah kepada membuat inovasi baru bagi pelanggan dan karyawan agar mampu bersaing di era perubahan digital yang cepat.

Digital menjadikan lingkungan semakin menjadi sangat kompetitif dalam berbagai sektor industri. Dan tak menampik dapat membuat peluang baru dari banyak sektor industri. Di ujung yang sangat kompetitif, transformasi digital ini menjadi ‘revolusi’ bagaimana menjalankan bisnis. “Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini transformasi digital menjadi pembicaraan sangat penting para pelaku bisnis. Dan salah satu faktor penting yang mendorong kearah digitalisasi adalah penggunaan teknologi,” tambahnya.

Menurut dia, jika teknologi tidak digunakan dengan maksimal, maka tidak akan memberi keunggulan kompetitif. Namun, jika perusahaan memanfaatkan penggunaan teknologi, maka akan mengubah lanskap bisnis dan perusahaan menjadi lebih inovatif. Para pengambil keputusan bisnis perlu mengetahui tren TIK agar tidak keliru dalam mengambil keputusan. Cloud, Mobility, Big Data, Security, Internet of Things dan Social Media tidak hanya sekedar tren masa depan, namun telah menjadi bagian dari bisnis saat ini. “Transformasi digital memiliki empat faktor yang saling berkaitan dengan teknologi dan bisnis yaitu Engange Customers (merangkul pelanggan), Empower Employees (pemberdayaan SDM), Optimize Operations (mengoptimalkan operasi), dan Tranform Products (transformasi produk),” tutupnya. (red)