Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII Nasional 2016

0
2137

jamalolympicmikrotikJakarta,Komite- “Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII 2016 diselenggarakan bersama Citraweb Nusa Infomedia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII) menjadi salah satu acara dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi APJII ke 20, dan MikroTik User Meeting 2016 Indonesia”, ujar Jamalul Izza, Ketua Umum APJII kepada Rudi Rusdiah, Chief Editor Komite.ID di sekretariat APJII. Jamal baru saja tiba dari roadshow acara Olimpiade Mikrotik-APJII di Pekanbaru dan segera memimpin rapat pengurus bulanan (30/9/2016) ruang rapat APJII Gedung Cyber lantai 11th dan berikut keterangan Jamal kepada Komite.id disela acara rapat:

Penyelenggaraan acara ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ). Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan.

MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang saat ini banyak digunakan di dunia industri dan operator telekomunikasi. Ketrampilan untuk mengkonfigurasi MikroTik juga banyak diajarkan di SMK-SMK, khususnya yang memiliki jurusan TKJ atau SMK yang sudah menjadi MikroTik Academy, ikutlah Olimpiade Jaringan MikroTik-APJII 2016 tingkat nasional, dan perebutkanlah hadiah total 60 juta rupiah. Bahkan lebih dari 200 SMK telah terdaftar sebagai MikroTik Academy, program kerja sama dengan MikroTik yang memberikan hak bagi SMK untuk menyelenggarakan pelatihan dan ujian sertifikasi MikroTik Certified Network Associates (MTCNA). Saatnya menguji kemampuanmu berjaringan, dan juga seberapa kenal dirimu dengan RouterOS. Terdapat bingkisan menarik untuk setiap peserta yang mengikuti acara ini. Jangan lewatkan, hanya 50 sekolah per wilayah yang bisa mengikuti acara ini.

APJII sebagai wadah bagi perusahaan penyelenggara telekomunikasi, menganggap acara Olimpiade ini sesuai dan sangat bermanfaat bagi anggotanya. Proses rekruitmen dan magang kerja di operator telekomunikasi bisa menjadi tindak lanjut yang sama-sama menguntungkan, baik dunia industri maupun dunia pendidikan.

Citraweb Nusa Infomedia sebagai reseller, konsultan dari Mikrotik Indonesia perwakilan dari Mikrotik, di Riga ibukota Latvian yang didirikan 1996 fokus pada produk routers dan wireless ISP. MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Olimpiade Mikrotik ini diselenggarakan secara nasional dan jadwal Penyisihannya sebagai berikut: (1) STMIK Kharisma, Makassar (20/9/2016) untuk wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua; (2) Universitas Narotama, Surabaya (22/9/2016) untuk wilayah Jatim, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara; (3) Sekolah Vokasi(SV) UGM, Yogyakarta (24/9/2016) untuk wilayah DIY & Jateng; (4) Politeknik Caltex Riau, Pekanbaru untuk wilayah Sumatra; (5) LPKIA Bandung (29/09/2016) untuk wilayah Jabar, DKI, Banten, dan Lampung. ( http://olimpiade.mikrotik.id/) . Sedangkan Babak Final akan diselenggarakan di Jakarta 12 Oktober 2016 melibatkan 3 tim finalis dari hasil pemenang babak penyisihan yang diselenggarakan secara nasional di 5 kota, Makassar, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru (rrusdiah@yahoo.com)