Kominfo Berikan Penghargan Mitra Kerja BP3TI

0
198

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan penghargaan kepada mitra kerja Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) dalam menjalankan pelayanan kewajiban layanan universal (USO).

Menteri Kominfo Rudiantara dalam kesempatan itu mengatakan, malam apresiasi dan penghargaan sebagai ungkapan apresiasi atas dukungan oleh para pemangku kepentingan dalam program USO tersebut. Diharapkan kepada BP3TI sebagai badan layanan umum pengelola USO untuk terus meningkatkan tata kelola. “Saya sampaikan penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan kepada USO,” katanya di Jakarta, kemarin. Hal senada dikatakan Direktur Utama BP3TI Anang Latif dalam kesempatan tersebut mengatakan acara ini merupakan acara yang pertama kali digelar sebagai apresiasi dan penghargaan kepada para mitra.

Disebutkan kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) merupakan program pemerataan pembangunan telekomunikasi dan informatika yang diprioritaskan di daerah terluar/perbatasan, desa tertinggal, desa terpencil, daerah rintisan dan daerah yang tidak layak secara ekonomis serta wilayah yang belum terjangkau akses dan layanan telekomunikasi. Program tersebut dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo melalui BP3TI sebagai badan layanan umum (BLU) yang mengelola dana USO.

Kebijakan program USO tersebut diambil pemerintah untuk memastikan akses telekomunikasi secara merata dan terjangkau masyarakat dengan tetap menjaga industri telekomunikasi yang berkelanjutan agar senantiasa mampu menberikan layanan yang berkualitas. Sebanyak 13 lembaga menerima penghargaan tersebut yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk kategori institusi terbaik dalam mendukung program pemerataan layanan selular, Kementerian Keuangan memperoleh penghargaan kementerian yang mendorong efisiensi proses bisnis BLU.

PT Telkomsel kategori wajib bayar kontribusi USO terbaik tahun buku 2016 kalsifikasi terra, PT Supra Primatama Nusantara kategori wajib bayar tahun buku 2016 terbaik klasifikasi giga, PT Semesta Citra Media kategori wajib bayar tahun buku 2016 terbaik kategori mega. PT Pasifik Satelit Nusantara mitra penyedia layanan internet terbaik, PT Yudhawira Katulistiwa mitra penyedia layanan internet tertertib, PT AJN Solusindo mitra penyedia infrastruktur terbaik, PT Surya Energi Indotama mitra penyedia infrastruktur pendukung tertertib.

Desa Matutuang Kecamatan Kepulauan Marore mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program akses internet. Dinas Kominfo Kabupaten Talaud , Provinsi Sulawesi Utara, mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program akses internet. Dinas Kominfo Kabupaten Belu, Provinsi NTT, mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program desa broadband terpadu. Dinas Kominfo Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat kategori mitra terbaik kategori pemerintah daerah untuk program layanan selular.

Selain itu penghargaan untuk kategori life achievment diberikan kepada Koesmarihati atas kontribusinya selama lebih dari 40 tahun di sektor telekomunikasi. Penghargaan juga diberikan kepada lima bank yang membantu pengelolaan USO yaitu BNI, Mandiri, BRI, BTN dan Bukopin. (red/ant)