Bank Central Asia (BCA): Pride of Nation

0
390

Jakarta, KomIT – Sepanjang 60 tahun sejak 1957, PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) senantiasa mengabdi untuk masyarakat Indonesia dan berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik. Menciptakan customer experience yang menyenangkan dalam menjawab segala kebutuhan nasabah serta meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah terhadap layanan BCA, salah satunya layanan contact center Halo BCA. Halo BCA senantiasa memberikan terobosan-terobosan baru dalam memberikan pelayanan yang exceptional kepada nasabah melalui teknologi yang tepat guna serta pemberdayaan SDM yang unggul. Untuk terus menjaga konsistensi kualitas pelayanan kepada nasabah setia BCA, Halo BCA mengikuti berbagai macam kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional untuk mengukur dan mengetahui positioning Halo BCA diantara industri layanan contact center terbaik lainnya.

Dari statistik selama 2016, Halo BCA melalui layanan contact center 24 jam 1500888 menerima 14,5 juta panggilan, dimana hanya 3% panggilan merupakan keluhan dari nasabah dan sisanya  panggilan terkait kebutuhan nasabah atas informasi produk dan layanan maupun permintaan. Dari jumlah keluhan nasabah yang ditangani oleh Halo BCA 1500888, 99,42% dapat diselesaikan sesuai dengan service level. Melalui e-mail halobca@bca.co.id, Halo BCA menerima lebih dari 300 ribu e-mail dari nasabah mencakup kebutuhan informasi produk atau layanan dan masukan terkait dengan layanan BCA.

Per akhir Desember 2016, akun Twitter resmi @HaloBCA memiliki sekitar 128 ribu followers dan mendapatkan 163 ribu mention sepanjang tahun 2016. Dengan rata-rata waktu respons menjawab mention dari nasabah yang hanya 2 menit saja, menjadikan Twitter @HaloBCA memegang predikat The Top Fastest Responding Brands on Twitter dari SocialBaker.
Sesuai dengan komitmen “Senantiasa di Sisi Anda”, BCA terus berupaya menjaga kepercayaan dan harapan nasabah serta para pemangku kepentingan.

Pada bulan Juli 2017 yang lalu, Halo BCA kembali mengukir prestasi dengan menyabet juara sebagai The Best Mega Contact Center dalam ajang Contact Center World tingkat regional Asia Pacific. Tidak hanya itu saja, Halo BCA total memborong 9 Gold, 9 Silver, dan 5 Bronze dari ajang bergengsi tersebut. Adapun 9 Gold yang berhasil Halo BCA raih antara lain Best Mega Contact Center Operations, Best Helpdesk, Best in Customer Service, Best Recruitment Campaign, Best Social Media, Best IT Support, Best WFM Support, Best Supervisor, dan Best Trainer.

Contact Center World juga menganugrahkan penghargaan Industry Champion for Individual yang diberikan kepada Nathalya Wani Sabu, Head of Halo BCA serta Industry Champion for Company kepada BCA sebagai institusi yang peduli dan berani berinvestasi lebih terhadap perkembangan layanan contact center.

National, Regional dan Global Financial Sovereignty
Dalam dua tahun berturut-turut, BCA diwakili oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja sukses membawa pulang titel bergengsi di ajang FinanceAsia Country Awards for Achievement 2017 sebagai Best Asian Bank dan Best Bank in Indonesia, di Four Seasons Hotel, Hongkong, mengungguli bank-bank dari 14 negara seperti Tiongkok, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Vietnam, India, Bangladesh, Taiwan, Myanmar, Mongolia, dan Pakistan.

Hal ini semakin membuktikan bahwa BCA sanggup menunjukkan kedaulatannya dalam persaingan dunia perbankan baik di Indonesia maupun global dengan fokus kepada layanan nasabah dan inovasi teknologi yang tepat guna.

Meningkatkan Awareness Nasabah Via Edukasi Omni Channel HALO BCA
Memasuki era digital banking, sebagai garda terdepan BCA, Halo BCA terus memberikan layanan terbaiknya dalam menyediakan informasi seputar layanan dan solusi perbankan yang diperlukan oleh masyarakat. Tetap menyertakan human touch di setiap inovasi teknologi yang dimiliki serta mengikuti pola customer behavior nasabah merupakan kunci keberhasilan BCA untuk menciptakan customer experience kepada nasabah setianya. Memanjakan mereka dengan menawarkan berbagai macam layanan transaksi perbankan yang effortless.
Saat ini teknologi chat dan mobile chat di smartphone telah menjadi bagian keseharian kita dalam berkomunikasi sehari-hari sehingga Halo BCA menjawab tren perilaku tersebut dengan menghadirkan channel terbaru yaitu Halo BCA Chat.

Halo BCA chat dapat diakses melalui website www.bca.co.id. Nasabah dapat masuk ke situs BCA tersebut dan klik icon Halo BCA Chat dipojok kanan bawah untuk versi desktop dan versi mobile icon dipojok kanan atas. Untuk memulai interaksi, Anda hanya perlu memasukkan Nama, Email, dan Telepon serta mengisi Captcha yang perlu diketik membedakan anda dengan robot atau botnet. Usai menggunakan layanan Halo BCA Chat, rangkaian percakapan akan dikirim via email pengguna sesuai dengan alamat email yang diinput pada awal proses pengisian identitas. Halo BCA Chat melengkapi channel-channel andalan yang Halo BCA miliki saat ini, antara lain Video Call, Video Banking, Twitter @haloBCA, Email halobca@bca.co.id, Facsimile, dan telepon 1500888.

Namun tugas dari BCA tidak hanya berhenti sampai di penyediaan inovasi teknologi dalam bertransaki perbankan bagi kemudahan nasabah saja, melainkan memberikan edukasi yang terus menerus dan berkelanjutan agar nasabah memiliki pemahaman yang benar akan manfaatnya serta bagaimana cara bertransaksi perbankan yang aman sehingga tidak akan disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

Pemberdayaan SDM & Komunitas Perbankan
BCA melalui divisi BCA Learning Institute mendukung penuh perkembangan dunia Information Technology (IT) dan Big Data Technology (DT) khususnya di sektor/industri perbankan pada acara BCA Tech Day dengan memberikan wawasan teknologi kepada sekitar 350 mahasiswa dan dosen agar dapat memberi nilai tambah bagi kualitas SDM & Komunitas Perbankan di Indonesia. Acara BCA Tech Day yang diadakan pada akhir tahun 2016 yang lalu dibuka oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono, Direktur BCA Lianawaty Suwono, EVP IT BCA Hermawan Thendean, dan Kepala Divisi Pembelajaran & Pengembangan BCA Lena Setiawati.

Melalui ajang BCA Tech Day ini menunjukkan bahwa BCA turut mendukung inovasi teknologi khususnya dalam teknologi digital perbankan sebagai faktor utama pendukung bisnis BCA.  Sehubungan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 72 kali ini, BCA mengucapkan selamat merayakan HUT RI dan 72 tahun Indonesia Kerja Bersama menuju Indonesia yang berdaulat dan dapat melindungi semua National Interest RI. Merdeka! (*)