Hari Bhakti Postel Ke-71: Revolusi Digital Menuju Indonesia Hebat

0
81

Bandung, KomITe- Menteri Kominfo Rudiantara hadir sekaligus menjadi pemimpin upacara Hari Bhakti Postel ke-71 di Museum Pos Indonesia Bandung, Selasa (27/9). Rudiantara mengingatkan agar peringatan ini jangan semata-mata dimaknai dari sisi seremoni dan nostalgia semata.

” Para pendahulu kita tersebut telah dengan gagah berani memperjuangkan hak kemerdekaan kita dengan sangat cerdas dan visioner. Mereka melihat bahwa sektor postel merupakan sektor strategis yang sangat penting bagi masa depan bangsa yang saat itu baru merdeka,” jelas Chief RA.

Lebih lanjut Rudiantara mengatakan untuk mengimbangi pesatnya TIK, baik dari sisi teknologi, bisnis, maupun regulasi, Kementerian Kominfo saat ini fokus kepada dua agenda dalam bidang telekomunikasi yaitu percepatan pembangunan pitalebar dan peningkatan efisiensi industri telekomunikasi.

Fokus pertama, percepatan pembangunan pitalebar kita laksanakan dengan membangun jaringan backbone seluruh Nusantara, baik melalui skema pembangunan oleh operator telekomunikasi maupun melalui program Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) seperti proyek Palapa Ring.

Sedangkan dari sisi percepatan pembangunan jaringan akses pitalebar, pemerintah mempercepat pembangunan akses 4G, dan akan melakukan beberapa assignment jaringan akses pitalebar lainnya berbasis broadband spectrum frequency radio.

“Selain sisi jaringan, yaitu Palapa Ring dan jaringan 4G LTE, kita juga harus mengembangkan ekosistem lainnya, yaitu pada sektor perangkat (device) dan aplikasi.” Ujar Rudiantara. (red)