17 LIVE, Aplikasi Livestreaming 100% HALAL

0
71

Jakarta, KomITe- Dalam perayaan ulang tahun yang pertama, 17 LIVE menegaskan komitmennya sebagai aplikasi livestreaming “100% HALAL”. Komitmen ini diwujudkan antara lain sebagai aplikasi livestreaming yang baik, sistem monitoring yang efektif serta kontribusi 17 LIVE Indonesia kepada masyarakat Indonesia.

Platform livestreaming yang baik memberikan tontonan yang layak ditonton oleh masyarakat Indonesia, ini yang membuat 17 LIVE berbeda dengan aplikasi lain yang sejenis. Berfokus pada professionally-generated content atau professional livestreamers, para livestreamers ini dikontrak resmi dan mendapatkan bimbingan serta pelatihan dari tim 17 LIVE untuk menjadi seorang entertainer sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku.

“Mudahnya seseorang mengakses sebuah aplikasi dan maraknya penyalahgunaan oleh individu yang tidak bertanggung jawab, membuat kami fokus pada professionally-generated content. Kami percaya konten-konten positif dapat memberi inspirasi dan menjadi solusi utama dalam mengubah stigma yang kurang baik tentang dunia livestreaming di mata masyarakat Indonesia sebelumnya”, ungkap Andryan Gouw, Direktur PT. Tujuhbelas Media Indonesia.

17 LIVE berpendapat generasi millenial atau yang popular dengan kata #AnakJamanNow, banyak generasi muda yang berani berkarya dan berbakat namun talentanya belum mendapatkan apresiasi. Oleh karena itu, 17 LIVE menyediakan tempat bagi mereka untuk menyalurkan bakat agar dapat meraih kesuksesan dalam dunia livestreaming.

“Kami ingin membuktikan bahwa siapapun dapat sukses, istilahnya from zero to hero. Lewat konten yang lahir dari ide-ide yang orisinil dan anti mainstream pastinya akan memberikan tontonan yang menyegarkan, bukan hanya konten yang sekedar “buka-bukaan”. Variasi konten yang telah dihadirkan mulai dari acara talkshow, ramalan, misteri, kuliner, social experiment, challenge, games dan masih banyak lagi kedepannya”, tambah Andryan.

Kepercayaan dan keamanan pengguna aplikasi adalah prioritas nomor satu bagi 17 LIVE. Diberlakukannya sistem moderasi dan sistem pengawasan SkyEye secara 24 Jam adalah cara efektif yang digunakan 17 LIVE selama setahun ini. Sistem SkyEye ini bekerja dengan 2 layer pengawasan dari Indonesia dan Taiwan, dirancang khusus untuk mengenali dan mengawasi kegiatan serta perilaku para streamers ketika melakukan livestreaming.

17 LIVE tidak mentolerir pengguna nakal dan konten yang sifatnya negatif seperti pornografi, SARA, merokok, minuman beralkohol, serta hal-hal yang sifatnya menyebarkan kebencian dan akan berdampak negatif kepada masyarakat. Segala tindakan yang melanggar akan ditindak tegas dan akun akan diblokir secara permanen.

Dari data yang telah dikumpulkan selama satu tahun 17 LIVE di Indonesia, terdapat total 2.340 streamers yang telah bergabung. Rata-rata streamers di Indonesia livestreaming selama 2 jam 30 menit untuk siaran. Sedangkan masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya menonton livestreaming selama 35 menit dengan waktu paling ramai yaitu saat telah selesai beraktivitas, dimulai dari pukul 21.00 hingga tengah malam. Perilaku ini mencerminkan bahwa aplikasi livestreaming menjadi pilihan baru sebagai media hiburan.

Dalam konferensi pers 17 LIVE, juga dihadiri oleh Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Bapak Noor Iza. Beliau mendukung penuh kegiatan yang telah dilaksanakan oleh 17 LIVE selama ini, dalam menyajikan konten-konten positif dan kreatif. Beliau mengatakan dari KOMINFO akan tetap menjaga dan mengawasi setiap aplikasi livestreaming, proses cek dan ricek akan terus dilakukan. Jika kedapatan adanya konten yang tidak sesuai yaitu konten-konten negatif, KOMINFO akan menegur para pemain-pemain aplikasi tersebut.

Untuk tahun 2018, 17 LIVE memiliki 3 (tiga) fokus utama:

17 LIVE bertujuan menjadi aplikasi livestreaming terbaik di Indonesia dalam pengelolaan professional livestreamers dan menawarkan berbagai macam kesempatan bekerja serta model lapangan pekerjaan baru. 17 LIVE telah dan akan terus mendukung program pengembangan ekonomi kreatif pemerintah dan aktif dalam mendukung sosialisasi program kampanye pemerintah #InternetPositif dengan secara kontinu menyediakan tontonan yang layak, aman dan bersih.
17 PRODUCTIONS bentuk komitmen 17 LIVE untuk terus menyajikan konten yang variatif dan menghibur dengan berkolaborasi dengan berbagai partner strategis. Kolaborasi yang telah dilaksanakan antara lain bersama Netmediatama, ASUS, MNC Pictures, MD Pictures, JawaPos Group, dan masih banyak rencana lain kedepannya.
17 AGENCY dimana 17 LIVE melebarkan sayapnya dengan membuka recruitment in house dan menyalurkan berbagai talenta ke berbagai pekerjaan lain selain sebagai streamers.

Tak ketinggalan di hari bahagia ini, 17 LIVE mengundang Official Host 17 LIVE untuk berbagi ceritanya selama menjadi Official Host 17 LIVE yaitu Jennifer Aiko, Pesulap Wanita Indonesia yang sudah dua tahun berada di dunia livestreaming dan Novi, seorang mahasiswi di salah satu universitas ternama di Jakarta yang mempunyai impian sebagai penyanyi rap.

“Saya merasakan hal berbeda ketika bergabung dengan 17 LIVE, saya dibimbing untuk memberikan siaran yang bermutu dan menghibur. Sebelumnya di aplikasi lain, saya sering hanya ngobrol biasa saja. Di 17 LIVE, saya siaran dengan menyalurkan passion saya yaitu bermain sulap dan mengobati hati para penggemar sulap yang menunggu-nunggu acara sulap yang belum ada di televisi lagi. Saya bisa keep in touch dengan penggemar saya dan bertemu dengan teman-teman baru”, kata Jennifer Aiko.

Novi yang mengaku gugup ketika harus berbicara di depan media mengatakan bahwa ia adalah mahasiswi pada umumnya yang mempunyai impian menjadi seorang penyanyi tapi tidak tau harus mulai darimana hingga mencoba live di 17 LIVE. Ia ternyata mendapatkan respon positif dan karyanya diapresiasi oleh para viewers. Awalnya, keinginan Novi bergabung hanya untuk menambah uang saku saja, namun lewat bakatnya dan konsistensi siaran, ia bisa mendapatkan satu mobil dan mengajak kedua orang tua untuk jalan-jalan. Satu quotes yang dapat dipetik dari perjalanan karir seorang Novi adalah “Never Stop Believing”.