Presiden Jokowi Buka Pameran IIMS 2018

0
235

Jakarta, KomITe- Pameran otomotif berkelas internasional, Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) kembali digelar. Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto didaulat untuk membuka ajang tahunan yang diselenggarakan di Jakarta International Expo Kemayoran pada Kamis (19/4). Pameran IIMS 2018 ini akan berlangsung selama 11 hari mulai tanggal 19 – 29 April 2018 disemua Hall ABCD JIEXPO Kemayoran yang dihadiri 32 merek kendaraan motor dan mobil.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan otomotif adalah sektor penting yang menjadi bagian dari Revolusi Industri 4.0. Tak dimungkiri kemajuan teknologi yang sangat cepat turut andil dalam kesuksesan Revolusi Industri 4.0. Menurutnya, penerapan teknologi saat ini sudah mulai menggantikan posisi dan pekerjaan manusia. “Saya berikan beberapa contoh dalam Revolusi Industri 4.0 saat ini ada sebuah robot yang mencetak rumah tinggal dalam waktu 24 jam dengan biaya hanya sepertiga dari biaya kontruksi tradisional,” ujar Jokowi dalam pembukaan IIMS di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4).

Perubahan revolusi industri 4.0 akan mengubah jenis pekerjaan, dimana tenaga kerja nantinya bisa digantikan oleh robot dari sebelumnya dikerjakan oleh manusia.

Sementara untuk sektor otomotif, kata Presiden, ke depan mobil ‎akan menggunakan listrik dan sistem berbagi kendaraan oleh pabrikan mobil, namun hal tersebut tidak menyurutkan industri otomotif akan tertekan. “Saya percaya industri 4.0, pertumbuhan sektor industri otomotif akan melonjak. Bahwa jenis pekerjaan akan berubah iya. Tapi jumlah pekerja sektor otomotif dan transportasi akan berkurang, menurut saya tidak,” papar Jokowi.

Jokowi mencontohnya, jika nantinya masyarakat tidak membeli mobil dan beralih ke transportasi mobil, seperti transjakarta ataupun taksi yang penggunaanya bisa mencapai 8 jam atau bahkan 24 jam. “Yang pasti mobil harus dirawat intensif, interior dicuci, berapa sulitnya merawat taksi yang 18 jam keluar masuk, ‎artinya mobil harus dirawat dan merawat mobil jasa padat karya,” ucap Jokowi. (red)